3 Pengaturan User Interface yang Powerfull untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Desain

main_image

Setiap orang memiliki kecepatan berbeda-beda dalam menyelesaikan desain menggunakan Solidworks. Jumlah jam terbang dan tingkat skill adalah dua faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Frekuensi penggunaan Solidworks yang disertai peningkatan skill dari waktu ke waktu tentu akan melipatgandakan kecepatan dan efisiensi seorang desainer yang bekerja menggunakan Solidworks.

Tips dan trik pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai pengaturan-pengaturan dalam Solidworks untuk meningkatkan efisiensi kerja dalam membuat desain.

Apa saja pengaturan-pengaturan tersebut?

1. Pengaturan Mouse Gestures

mouse gestures

Mouse Gestures merupakan Fitur Solidworks yang akan aktif saat melakukan klik kanan dan menggeser mouse. Secara default, command yang dapat dipilih berjumlah 4 buah dalam setiap mode. Namun, kita bisa mengubahnya menjadi 8 buah dan mengatur command yang ingin ditampilkan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk melakukan pengaturan pada mouse gestures bisa mengikuti langkah di bawah ini.

Klik tanda panah pada Options, pilih Customize.

mouse gestures

Kotak Dialog Customize akan terbuka.

Pilih Tab mouse gestures.

Silakan lakukan pengaturan, misalnya seperti di bawah ini.

mouse gestures

Klik OK untuk keluar menyimpan pengaturan yang telah dibuat.

Hasilnya, command pada mouse gestures telah berubah sesuai dengan pengaturan kita.

mouse gestures

 

2. Pengaturan Shortcut Bars

Pengaturan kedua yang dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan kita adalah Shortcut Bars yang bisa diakses dengan menekan tombol “S” pada keyboard. Command pada shortcut bars dapat kita sesuaikan dengan langkah berikut ini.

Masuk ke Customize Options seperti pada saat kita melakukan pengaturan mouse gestures.

Pilih tab Shotcut Bars seperti pada ilustrasi di bawah ini.

mouse gestures

Kita bisa menambah atau mengurangi perintah-perintah pada shortcur bars dengan cara drag and drop dari menu yang tersedia. Shortcut bars yang bisa kita sesuaikan terdiri dari sketch shortcut toolbar, drawing shortcut toolbar, assembly shortcut toolbar, dan parts shortcut toolbar.

Klik OK untuk keluar menyimpan pengaturan yang telah dibuat.

3. Pengaturan MenuĀ  (Customize Menu)

Kita dapat mengatur command yang ada dalam berbagai menu pada Solidworks. Menu-menu yang dimaksud misalnya saat melakukan klik kanan ataupun menu yang terdapat pada menu bar.

(untuk mengetahui letak menu bar, silakan baca 5 Bagian Penting Ini Harus Anda Ketahui Jika Ingin Mempelajari Solidworks 2016 Lebih Cepat).

Di bawah ini adalah contoh menu yang muncul saat melakukan klik kanan dalam graphic area.

mouse gestures

Jika kita klik Customize Menu, maka kita bisa mengatur command apa saja yang ingin kita munculkan pada saat melakukan klik kanan. Caranya cukup dengan memberi tanda centang (check list) pada command yang diperlukan.

Sebagai ilustrasi bisa dilihat contoh di bawah ini.

mouse gestures

Summary

Kombinasi ketiga pengaturan di atas sangat ampuh untuk mereduksi waktu pengerjaan desain menggunakan Solidworks. Menggunakan mouse gestures bersamaan dengan shortcur bars akan membuat tangan kita tidak bergerak jauh untuk menjalankan command yang dibutuhkan. Artinya kita bisa bekerja lebih efisien.

Namun hal penting lainnya adalah bahwa pengetahuan tentang skill saja tidak cukup tanpa adanya action. Tips dan trik hanya akan menjadi bacaan semata, tersimpan lalu menghilang dari ingatan. Oleh karena itu, mulailah terapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *