Membuat dan Merakit Part-part Toggle Clamp (Bagian 4/4: Assembly)

Pada bagian terakhir Membuat dan Merakit Part-part Toggle Clamp, kita akan melakukan proses perakitan part-part yang sudah kita buat sebelumnya menjadi seperti ilustrasi di atas.

Untuk diketahui, bahwa file-file part yang telah kita buat memiliki ekstensi .SLDPRT. Sedangkan file hasil Assembly akan akan berekstensi .SLDASM.

Sebelum melakukan perakitan, kita perlu membuat part terakhir untuk melengkap Model Assy kita, yaitu Pin.

Membuat Pin tidaklah sulit, kita hanya perlu membuat sebuah lingkaran, kemudian meng-Extrude nya. Terakhir, tambahkan Fillet.

Lihat ilustrasi di bawah ini sebagai referensi.

Simpan file dengan nama Pin. Kita akan lanjutkan dengan memulai proses perakitan part-part yang sudah kita buat.

 

Perakitan

Langkah pertama dalam proses perakitan Model Toggle Clamp kita adalah membuka file part yang akan dijadikan dasar, pada model kita adalah part Base. Silakan buka file part Base.SLDPRT.

Base

Artikel Tutorial Membuat part Base silakan baca di: Membuat dan Merakit Part-part Toggle Clamp (Bagian 1 : Base)

Setelah membuka file part Base, langkah berikutnya adalah menjadikannya sebagai bagian dari Assy part dengan cara meng-klik File>Make Assembly from Part.

Akan terbuka file baru (assembly file). Klik dimana saja pada Graphic Area untuk meletakkan part Base.

Slide

Artikel Tutorial Membuat part Slide silakan baca di: Membuat dan Merakit Part-part Toggle Clamp (Bagian 3/4 : Slide dan Toggle)

Kita akan menambahkan part Slide untuk dirakit bersama part Base. Caranya, klik Insert Components pada CommandManager.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klik Browse pada kotak dialog Insert Component. Pilih file yang akan kita masukkan, saat ini kita pilih file Slide.SLDPRT.

Setelah Model Slide tampil pada Graphic Area, kita bisa memutar objek tersebut dengan cara mengklik salah satu sumbu (lihat kotak merah pada ilustrasi di atas). Setelah arahnya sesuai dengan keinginan kita, klik pada Graphic Area.

Untuk merakit part Slide pada Base, cara paling mudah adalah dengan meng-klik bagian luar dari Slide (1). Kemudian dengan menekan Ctr, klik bagian dalam dari lubang pada Base seperti ditunjukkan oleh nomor (2) pada ilustrasi di atas.

Klik perintah Concentric pada ExpressCommand, maka part Slide akan terhubung dengan part Base sebagai satu kesatuan.

Contact Plate

Artikel Tutorial Membuat part Contact Plate silakan baca di: Membuat dan Merakit Part-part Toggle Clamp (Bagian 2/4 : Cam dan Contact Plate)

Berikutnya kita aka memasukkan part Contact Plate untuk dirakit. Dengan cara yang sama pada saat kita memasukkan part sebelumnya, klik Insert Components dan pilih file Contact Plate.SLDPRT.

Setelah berhasil menambahkan Contact Plate pada Graphic Area, langkah berikutnya adalah merakitnya dengan part yang sudah ada.

Kali ini kita akan memasang Contact Plate pada Slide bagian depan.

Caranya, klik bagian dalam dari lubang yang ada pada Slide (1). Dengan menekan Ctr, klik bagian luar pada shaft Contact Plate (2).

Pilih perintah Concentric pada ExpressCommand yang tampil.

Titik pusat lingkaran kedua objek akan sama. Ada kemungkinan posisi Contact Plate seperti ilustrasi di bawah ini.

Tidak perlu khawatir, kita akan lanjutkan dengan langkah sebagai berikut.

Klik dan geser Contact Plate agar posisinya berada di luar Slide.

Klik bagian sisi (edge) dari lubang pada Slide, seperti ditunjukkan nomor (1).

Klik bidang pada Contact Plate, seperti ditunjukkan oleh nomor (2) pada ilustrasi di atas (mungkin perlu memutar objek).

Klik Coincident pada ExpressCommand yang tampil (lihat kotak merah).

Maka Contact Plate akan terpasang pada posisi yang seharusnya.

 

Toggle

Artikel Tutorial Membuat part Toggle silakan baca di: Membuat dan Merakit Part-part Toggle Clamp (Bagian 3/4 : Slide dan Toggle)

Part yang akan kita rakit berikutnya adalah Toggle. Untuk memasukkan part ini sama dengan pada langkah-langkah sebelumnya, yaitu dengan menkg-klik perintah Insert Components.

Agar part toggle terpasang pada lokasi yang seharusnya, perhatikan ilustrasi di bawah ini.

Klik bidang lubang pada